Detik-Detik Akhir Zaman, Waktu Berjalan Semakin Cepat – KabarMakkah.Com

Diposting pada

Ada juga yang menyatakan maksud dari waktu berjalan begitu cepat adalah persamaan antara siang dan malam. Kemungkinan ini sangat jauh dari kenyataan.

Menurut pendapat yang lain, maksud dari waktu berjalan begitu cepat adalah banyaknya kejahatan, kerusakan, dan kebodohan. Ineterpretasi ini juga sangat jauh dari redaksi hadits yang dimaksud.

Ada juga yang menafsirkannya sebagai dekatnya hari Kiamat. Mereka yang berpendapat seperti ini berargumentasi dengan hadits Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam: “Jika waktu atau zaman semakin pendek, hampir saja mimpi melihat Nabi itu tidak pernah dusta.”

Ada juga yang menyatakan bahwa maksud dari waktu berjalan begitu cepat adalah kenikmatan hidup yang terjadi setelah kemunculan Al-Mahdi dan Isa as. Sampai-sampai banyak orang yang tidak merasakan berlalunya waktu karena mereka berasyik masyuk dengan kenikmatan masing-masing. Sebab bagaimanapun juga hari-hari yang penuh kenikmatan itu terasa begitu cepat berlalu.

Menurut ulama yang lain, indikasi dari waktu berjalan begitu cepat adalah dekatnya antara satu wilayah dengan wilayah yang lain. Sebab dengan banyaknya sarana transportasi dan telekomunikasi, menjadikan jarak atau perbedaan tempat bukanlah merupakan suatu penghalang. Jarak yang dulu seharusnya ditempuh dalam beberapa bulan kini dapat ditempuh dalam beberapa hari, bahkan beberapa jam. Demikian juga dengan berbagai informasi yang ada, hanya dalam beberapa saat kita sudah bisa mendapatkannya. Kemungkinan interpretasi seperti ini bisa juga dibenarkan.

Kemungkinan yang terakhir bisa kita tambahkan di sini, yaitu dunia yang semakin terbuka dengan banyaknya berbagai tuntutan yang membuat kita tidak pernah merasa cukup waktu untuk memenuhinya. Hari begitu cepat berlalu tanpa bisa dioptimalkan pemanfaatannya sesuai dengan keinginan yang telah direncanakan. Indikasi inilah yang banyak kita jumpai sekarang ini, sehingga tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa tahun begitu cepat berganti dan hari begitu cepat berlalu.

Demikianlah interpretasi yang telah di sampaikan oleh para ulama terkait kabar yang diberikan Nabi saw tentang tanda-tanda hari Kiamat yang tercermin dalam redaksi waktu berjalan begitu cepat. Dalam hal ini, DR. Ahmad Al-Mubayyadh merajihkan dua pendapat terakhir. Jadi dari berbagai interpretasi yang diberikan oleh para ulama tersebut, setidaknya dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa ada dua kemungkinan yang bisa kita gunakan dalam memahami waktu berjalan begitu cepat ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *