Travel Tanpa Izin PPIU Dilarang Memberangkatkan Umroh

Diposting pada

Kemenag telah bekerjasama dengan Imigrasi bandara dan kepolisian, bahwa setiap jamaah yang berangkat tidak terdaftar di Sipatuh tidak akan diberangkatkan dan pihak travel non PPIU bertanggung jawab atas pelanggaran memberangkatkan tanpa izin PPIU. Untuk itu, PPIU yang menerima jamaah melalui perwakilan daerah wajib mendaftarkan izin cabang melalui Kanwil Kemenag setempat.

Kelima, asosiasi haji dan umrah dilarang keras mengakomodir travel non PPIU, baik sebagai mitra maupun sebagai agen PPIU dan diharapkan asosiasi tidak mengakomodir travel non PPIU sebagai anggota kemitraan karena melanggar aturan Kemenag RI.

Berkawan Atau Melawan Kemenag
Denny menyatakan, Kemenag dan Pemerintah serius menegakkan aturan hukum terkait penyelenggaraan umrah dan haji khusus. Bagi PPIU ataupun travel non PPIU yang berani melanggar PMA Nomor 8 Tahun 2018 akan menerima risikonya sendiri. Bagi PPIU, Provider dan Asosiasi diberikan pilihan, apakah mau bekerjasama dengan Kemenag dalam menegakkan aturan ini atau melawan Kemenag dengan mengakomodir travel non PPIU, ujar Denny.

Kemenag menyadari, bahwa terbitnya aturan baru umrah ini akan menimbulkan perlawanan dari travel non PPIU. Namun, Kemenag siap menghadapi segala protes dan menegakkan aturan yang telah ditetapkan.

Sumber: Manasik News

Sumber: Fokus Islam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *